Langsung ke konten utama

Pilar Gemar Rapi Bag. 2 - End


Tak terasa pekan demi pekan sudah terlewati dan materi demi materi tentang gemar rapi juga terus berjalan. Pekan ini jadwal bahasanya melanjutkan tentang 4 Pilar bagian kedua dalam gemar rapi yaitu

5.    Menyesuaikan kondisi individu (personalized)
Suami saya saat bersih bersih cenderung membuang segalanya yang “dianggap” tidak diperlukan, namun setelah seringnya kita berkomunikasi dia akan meminta izin terlebih dahulu sebelum membuang segala sesuatu yang bukan miliknya, dan memilah mana barang yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain mana yang bisa diberikan kepada tukang kebersihan juga mana barang yang tidak bisa dimanfaatkan oleh siapapun. Rupanya hal ini cocok dengan pilar ke 5 dalam gemar rapi yaitu individu atau personalized. Pilar ke lima ini bisa kami sepakati dengan baik bersama kedua belah pihak.

6.    RASA (Hygge) sebagai prinsip (principles)
RASA adalah prinsip metode gemar rapi yang berupa singkatan dari
·           Rapi & teratur
Semua barang tertata rapi sesuai fungsinya.
·           Aman & nyaman
Kita bisa merasa aman dan nyaman saat berada dalam rumah
·           Sehat & bersih
Bersih yang tentunya bisa membantu penghuni untuk lebih rileks saat berada di rumah yang menjadikan pikiran dan tubuh menjadi sehat
·           Alami & berkelanjutan
Sedikit “berantakan” menandakan adanya kehidupan di dalam rumah apalagi dengan adanya anak anak, perlahan saat anak tumbuh dewasa mungkin akan merindukan suara dan mainan anak anak.
Keluarga kecil kami yang akan segera bertambah anggota nya adalah keluarga dari kampung yang kebetulan dirizkikan Allah untuk sementara tinggal di kota industri dengan hingar bingar mesin pabrik dan deru suara mesin “optimus” berkeliaran. Keluarga kecil yang sangat sering di kunjungi oleh sanak saudara dari kampung khususnya semua orang tua kami. Bahagia bagi kami untuk menyambut keluarga dalam kesederhanaan yang kami miliki, bermain bersama anak anak, belajar bersama dan bersenda gurau dengan anggota keluarga kami. Jika ada level kenyamanan yang kami buat dari angka 1 – 10 maka kami sudah merasa nyaman di level angka 7.8 dan semoga terus bertambah seiring dengan pembelajaran kami dalam metode gemar rapi, agar kami mampu menciptakan rumah yang lebih nyaman untuk kita bertumbuh bersama.

7.    Memenuhi standar hygiene dan safety
Sejauh ini kami mengusahakan semua peralatan, perabotan dan bahkan cat dirumah menggunakan bahan yang aman untuk anak anak, walau belum sehat dan aman 100 persen namun kami sudah berusaha menghadirkan yang tersehat dan teraman untuk semua anggota keluarga. Supply elektronik bawaan developer yang berada dalam jangkauan anak anak sebisa mungkin kami ganti dengan yang lebih baik dan aman contohnya, stop kontak model putar dan ada tutup yang susah untuk dibuka. Selain itu memberikan informasi ke anak anak bahwa peralatan elektronik memang membantu kita dalam kehidupan tapi harus digunakan dengan lebih fokus dan berhati hati selain itu peralatan elektronik bisa berbahaya jika tidak di gunakan sebagaimana mestinya.
Untuk higenitas dalam rumah juga selalu berusaha kami tingkatkan, contohnya dengan setiap hari membersihakan kamar mandi dan deep clean kamar mandi terjadwal 2 5 kali dalam seminggu mengingat kualitas air yang ada di daerah kami tak sejernih di kampung kami. Berusaha selalu membersihkan peralatan masak dan makan setelah pakai di hari yang sama dan melakukan deep clean terjadwal minimal sepekan sekali dengan membuka semua lemari penyimpanan bahan dan peralatan agar sirkulasi udara lebih baik.

8.    Tidak mencemari lingkungan (environment)
Sejak beberapa bulan yang lalu tepatnya di pertengahan tahun lalu saat Rumbel Playdate IIP Gresik mengundang DK Wardhani dan keluarga untuk mengisi sebuah kegiatan playdate, sejak saat itu pula kami lebih getol untuk berusaha tidak mencemari lingkungan, karena kami sadar bahwa tidak ada pilihan lain selain bumi yang nanti akan ditinggali anak cucu kita. Walau belum 100 persen menjaga lingkungan dan tidak mencemarinya, setidaknya kami sudah berusaha untuk benar benar menjaga bumi ini. Salah satu nya  saat kami syukuran yang biasanya kami gunakan adalah kardus sekali pakai (walau kardus bisa diloakkan) tapi kami perlahan mengganti dengan kotak makan thinwall walau masih berbahan plastik tapi masih tetap aman untuk di pakai berulang sehingga setidaknya mengurangi penggunaan yang sekali pakai. Sebenarnya dulu kami sering memakai besek untuk hantaran nasi namun sekarang sudah jarang dijual jika untuk kebutuhan mendadak. Selain itu dalam kotak makan thinwall yang kami kirimkan ke tetangga ada tempelan stiker himbauan agar memakai ulang wadah yang kami berikan tersebut.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Arab

Pekan lalu saat bincang bincang dengan Mbak DK Wardani a.k.a mbak Dini menyampaikan bahwa kita bisa membersamai anak anak untuk belajar sesuai dengan passion nya, namun jangan lupa tentang pendidikan dasar yang harus juga diajarkan ke anak yaitu: 1. Kemampuan Berfikir Logis 2. Kemampuan Berkomunikasi 3. Al Quran & Bahas Arab 4. Olahraga 5. Survival (Dari FB Yuria Cleopatra) Salah satu cara memgenalkan Iman Islam Al Quran dan Bahasa Arab kepada anak anak dengan mengenalkan warna, anggota tubuh, dll nya dengan bahasa arab dengan membaca buku tentunya, karena saya tidak ada basic bahasa arab tapi inshaAllah demi anak anak Ibuk mau belajar, nanti nya juga inshaAllah ibu cari teman yang mau membersamai kalian juga dalam berbahasa arab. Apa yang bisa bantu Ibuk selama ini selain buku? Dia adalah google translate yang bisa  menteejemahkan aneka bahas dan sekalian bisa memberikan contoh pengucapannya, jadi aementara mas belajar sama Ibuk dulu ya dengan kata kata sederhana yang ada

Don't eat my Brain...

2 Migngu si Zombie sering menemani hari-hari kami... Penghilang penat yang terkadang malah bikin teriak2 gag jelas... Malah bikin deg deg an gag jelas... Karena takut otak di makan si Zom... ☆˚*˚★ђå••ђå••ђå★˚*˚☆ Dan 3 hari sudah kami melewati semua zona.. Semua suasana... Tapi yang terakhir ini "si Endless" Yang bikin ketagihan... Kepikiran kenala endless gag kelar kelar... Harus berapa flag yang terlewati... Kemaren saya bisa di maks 13 Flag... Hari ini atas kerja sama kami... Sekarang di 30 Flag... ☆˚*˚★ђå••ђå••ђå★˚*˚☆ Sambil nungguin my GG Buffon maen di tengah malam nanti... Kami bergantian maen Endless dan yakin, si Endless pasti berkahir... Karena Endless nya Zombie tak kan seindah Endless nya cinta ku... Eiya Eiya... www.wulanbis.tk Solusi kemandirian secara Finansial 085655082828 Powered by Telkomsel BlackBerry®

My Pantry for 12 hour

Raih Mimpimu di d'BC Network Bersama kami Wulan 085655082828 Sent from my BlackBerry®